Persepsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Bukittinggi Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Microteaching Bebasis ICT

Arifmiboy, Arifmiboy (2017) Persepsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Bukittinggi Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Microteaching Bebasis ICT. [Experiment]

[img] Text
Penelitian-Persepsi Mahaiswa.pdf

Download (2MB)

References

Abstract

Ketika seorang guru berdiri di depan kelas melaksanakan kegiatan pembelajaran, tidak cukup hanya dengan menguasai materi pembelajaran yang harus disampaikan kepada peserta didik. Akan tetapi masih banyak tuntutan lain yang harus dikuasai oleh setiap guru, seperti mengelola seluruh komponen pembelajaran yang telah disebutkan di atas, agar berinetraksi dengan peserta didik sehingga memudahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kompetensi pedagogik mencakup tentang penguasaan karakteristik peserta didik dan aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Selanjutnya menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu, menyelenggarakan pembelajaran, pememanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, berkomunikasi secara efektif, emperik, dan santun dengan peserta didik, menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses belajar, memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, serta melakukan tindakan reflektif untuk kepentingan kualitas pembelajaran, semua sisi tersebut terangkum dalam kompetensi pedagoeik. Menurut Mukhtar dan Iskandar (2012:289), kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang meliputi: pemahaman wawasan atau lapangan kependidikan; pemahaman terhadap peserta didik; pengembangan kurikulum atau silabus; perancangan pembelajaran; pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis; pemanfaatan teknologi pembelajaran; evaluasi hasil belajar; dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualsasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Item Type: Experiment
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Zulfani Sesmiarni
Date Deposited: 05 Nov 2019 15:13
Last Modified: 06 Nov 2019 23:11
URI: http://repo.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item