Prinsip Epistimologi Makrifat dalam Tasawuf bagi Penguatan Karakter

Nunu, Burhanuddin (2020) Prinsip Epistimologi Makrifat dalam Tasawuf bagi Penguatan Karakter. FUADUNA: Jurnal Kajian Keagamaan dan Kemasyarakatan, 4 (2). pp. 114-125. ISSN 2614-8129

[img] Text (Artikel)
8 FUADUNA Prinsip Epistemologi 2020.pdf - Published Version

Download (619kB)
Official URL: http://dx.doi.org/10.30983/fuaduna.v4i2.3593

References

Abstract

Tulisan ini mengelaborasi konsep pengetahuan menurut para sufi melalui konsep makrifat, yang secara hirarkis dicapai melalui proses penyucian jiwa (tazkiyah al-nafs). Dari proses ini lahirlah kesadaran akan keesaan Allah Yang Maha Absolut yang melibatkan potensi inderawi dan rasio. Penelitian dalam artikel ini menggunakan metode studi kepustakaan atas karya-karya tasawuf yang ditulis oleh para sufi, khususnya ketika membahas perihal makrifat. Seperti karya Rasâil al-Junaid oleh Al-Junaid al-Baghdadi, Ihya ‘Ulum al-Din oleh Abu Hâmid al-Ghazali, dan Kitab al-Zuhud oleh Ahmad bin Hanbal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat prinsip-prinsip epistemologi dalam ilmu tasawuf (makrifat) yang dapat mengantarkan kepada perolehan pengetahuan rasional yang terintegrasi dengan amal saleh dan terbentuknya karakter. Prinsip-prinsip epistemologis tersebut berupa pembebasan ego, super ego dan hawa nafsu, prinsip kesalehan dan kesungguhan, prinsip iman yang menjamin fungsionalisasi akal, serta prinsip kewahyuan yang meratifikasi pengetahuan empiris, rasional dan intuitif. Prinsip-prinsip epistemologis ini dipandang relevan bagi terciptanya pendidikan berkarakter dan tindakan paripurna manusia.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Fakultas: Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah > Filsafat Agama
Depositing User: Mrs Zulfani Sesmiarni
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:53
Last Modified: 30 Mar 2023 07:53
URI: http://repo.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item