Linda, Yarni (2024) Bab II Motivasi Belajar. In: Psikologi Pendidikan. 1, 1 (1). CV. Zenius Publisher, Cirebon, Jawa Barat, pp. 39-68. ISBN 978-623-5264-52-3
Text (Book Chapter)
FILE BUKU PSIKOLOGI PENDIDIKAN fix-1.pdf - Published Version Download (5MB) |
References
Abstract
Bab ini membahas tentang motivasi belajar yang meliputi konsep dasar motivasi, fungsi motivasi dalam belajar, sifat motivasi, jenis motivasi, faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dan cara meningkatkan motivasi belajar. Pada sub bab konsep dasar motivasi belajar membahas tentang pengertian motivasi dan motivasi belajar. Selanjutnya dijelaskan fungsi motivasi dalam belajar yang meliputi lima fungsi. Dilanjutkan dengan membahas sifat motivasi yang mencakup Motivasi bersifat praktis (motivation is practice), Motivasi bersifat kontekstual (motivation is contextual), Motivasi mudah berubah (motivation is malleable). Pada jenis motivasi, dijelaskan ada dua jenis motivasi yaitu instrinsik dan ekstrinsi. Motivasi ekstrinsik mencakup motivasi eksternal, motivasi yang diintrojeksi (intojected motivation), motivasi yang diidentifikasi (identified motivation) dan motivasi yang terintegrasi (integrated motivation). Pada faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dijelaskan ada dua faktor yaitu internal dan eksternal.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Zulfani Sesmiarni |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 04:23 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 04:23 |
URI: | http://repo.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1007 |
Actions (login required)
View Item |