Lisa Deska, Putri and Deswalantri, Deswalantri and Haida, Fitri (2020) Pengaruh Strategi Belajar Aktif Tipe Learning Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Putra SMP Nurul Ikhlas Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3 (1). pp. 13-20. ISSN 2621-7422
Text (Artikel Penelitian)
9046-25349-1-PB.pdf - Published Version Download (245kB) |
References
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi belajar aktif tipe Learning Tournament terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII Putra di SMP Nurul Ikhlas Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan pra-eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Pa. Teknik pengambilan sampelnya adalah random sampling atau pengambilan secara acak. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII Pa 1 untuk kelas eksperimen dan kelas VIII Pa 2 sebagai kelas kontrolnya. Penelitian dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan pada bulan Juli Agustus 2019. Instrumen penelitian ini berupa soal tes uraian untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa kedua kelas sampel dalam menyerap informasi terhadap materi yang diajarkan. Teknik analisis data yang digunakan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung = 2,75 dengan ttabel = 1,68 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi belajar aktif tipe Learning Tournament terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII Pa SMP Nurul Ikhlas Padang Panjang Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Zulfani Sesmiarni |
Date Deposited: | 22 Apr 2023 15:13 |
Last Modified: | 22 Apr 2023 15:13 |
URI: | http://repo.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/794 |
Actions (login required)
View Item |