Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin

Novia Rahmatul, Azizah and M, Imamuddin and Aniswita, Aniswita and Tasnim, Rahmat (2022) Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 5 (3). pp. 199-206. ISSN 2621-7422

[img] Text (Artikel Penelitian)
III.A.1.c.4.b2a.pdf - Published Version

Download (722kB)

References

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa berdasarkan jenis kelamin. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA N 1 Kecamatan Mungka yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Hasil penelitian dari 8 siswa laki-laki sebanyak 5 siswa memperoleh kriteria pemahaman konsep sangat rendah dengan presentase sebesar 62%, 2 siswa berkriteria pemahaman konsep rendah dengan presentase sebesar 25%, dan 1 siswa memperoleh kriteria pemahaman konsep cukup dengan presentase sebesar 13%. Sedangkan kemampuan pemahaman konsep siswa perempuan dari 13 siswa adalah sebagai berikut: 5 siswa memperoleh kriteria pemahaman konsep sangat baik dengan presentase sebesar 38.46%, 5 siswa memperoleh kriteria pemahaman konsep baik dengan presentase sebesar 38.46%, 2 siswa memperoleh kriteria pemahaman konsep cukup dengan presentase sebesar 15.38%, dan 1 siswa memiliki kriteria pemahaman konsep sangat rendah dengan presentase sebesar 7.7%. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa laki-laki dan perempuan, dimana pemahaman konsep siswa perempuan lebih unggul dari siswa laki-laki. Hal ini dapat dilihat dari kriteria presentase pemahaman konsep siswa. Rendahnya pemahaman konsep sebagian siswa disebakan karena adanya kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami konsep.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zulfani Sesmiarni
Date Deposited: 22 Apr 2023 15:32
Last Modified: 22 Apr 2023 15:32
URI: http://repo.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/797

Actions (login required)

View Item View Item