Puasa dan Model Konsumsi Islami

Asyari, Asyari (2017) Puasa dan Model Konsumsi Islami. Harian Padang Ekspres.

[img] Text
puasa dan model konsumsi islami.pdf

Download (1MB)

References

Abstract

Fenomena ekonomi yang lazim terjadi ketika memasuki sepuluh terakhir bulan Ramadan adalah naiknya tingkat kunjungan masyarakat ke pusa-pusat perbelanjaan. Pasar-pasar baik modern maupun tradisional “diserbu” bak semut mengelilingi gula. Permintaan (demand) meningkat tajam karena perilaku konsumtif. Model konsumsi Islami tidak didominasi oleh nilai-nilai materi dan mengejar kepuasan dengan menempatkan hawa nafsu sebagai panglima namun kebutuhan dan maksimalisasi kepuasaan didasarkan oleh landasan rasional berdasarkan keimanan dan moral. Keimanan dan moral menjadi bagian inheren dalam prilaku konsumsi.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs Zulfani Sesmiarni
Date Deposited: 03 Jul 2017 14:25
Last Modified: 03 Jul 2017 14:26
URI: http://repo.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item