Charles, Charles (2020) Menguak Konsep Belajar dalam Al-Qur’an. In: Refleksi Pendidikan, Seuntai Asa untuk Kemajuan Indonesia. 1, 1 (1). Penerbit Samudra Biru, Yogyakarta, pp. 143-149. ISBN 978-623-261-126-9
Text (Book Chapter)
Chapter book.pdf - Published Version Download (1MB) |
References
Abstract
Di era pandemi Covid-19 ini, saat waktu kita lebih banyak di rumah, ada baik kita merenung tentang konsep belajar. Sebagai umat Islam, ada baiknya pula kita renungkan bagaimana sesungguhnya konsep belajar menurut kitab suci pedoman hidup kita, Al-Qur’an. Umum diketahui, hakikat belajar adalah proses perubahan yang terjadi pada diri manusia di dalam kehidupannya, baik itu sifatnya pada pemikiran, kepribadian, ataupun perubahan yang terjadi pada fisik manusia. Ini diungkapkan Muhibbin Syah (2005: 116-118) bahwa adanya perubahan merupakan suatu hal yang dapat dilihat dari seseorang yang melaksanakan aktivitas belajar. Di antara ciri-ciri perubahan khas yang menjadi karakteristik perilaku belajar yang terpenting di antaranya perubahan-perubahan yang terjadi dalam proses belajar yakni berkat pengalaman atau praktik yang dilakukan dengan sengaja dan disadari.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Zulfani Sesmiarni |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 04:01 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 04:01 |
URI: | http://repo.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/641 |
Actions (login required)
View Item |